Strategi Di dalam Targeting

Indah Puri Amelia

3EAo3 / 10208636

Strategi Di dalam Targeting

Pengertian Strategi

Strategi adalah ilmu dan seni menggunakan kemampuan bersama sumber daya dan lingkungan secara efektif yang terbaik.

Ada empat unsur penting dalam pengertian strategi,yaitu:

 

  1. Kemampuan
  2. Sumber Daya
  3. Lingkungan dan
  4. Tujuan

 

Empat unsur tersebut, sedemikian rupa disatukan secara rasional dan indah sehingga muncul beberapa alternatif pilihan yang kemudian dievaluasi dan diambil yang terbaik. Rumusan strategi tidak selalu memberikan informasi apa yang akan dilakukan, mengapa dilakukan demikian, siapa yang bertanggung jawaban mengoperasionalkan, berapa besar biaya dan lama waktu pelaksanaan, hasil apa yang akan diperoleh.

 

  • Kekuatan Sumber Daya Perusahaan, Kompetensi, dan Kemampuan Kompetitif

 

Salah satu pertimbangan internal penentu strategi yang terpenting adalah apakah perusahaan memiliki sumber daya, kompetensi dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan strategi dengan optimal. Faktor-faktor inilah yang memungkinkan perusahaan untuk memperbesar penguasaan pasar, mendukung daya kompetitif perusahaan dalam arena pasar, dan menjadi dasar strategi perusahaan.

 

  • Menetapkan Tujuan Strategis

Maksud dari menetapkan tujuan adalah untuk mengkonversi pernyataan visi dan misi managerial menjadi target kinerja spesifik – hasil dan keluaran yang ingin dicapai organisasi. Menetapkan tujuan dan kemudian mengukur apakah mereka telah mencapainya atau belum dapat membantu manajer untuk mengikuti perkembangan organisasi.

Menetapkan sasaran atau tujuan kinerja diperlukan dari seluruh manajer. Setiap unit dalam perusahaan memerlukan target yang konkret dan kinerja yang dapat diukur dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Disini tujuan perusahaan yang luas diperinci menjadi target-target khusus untuk setiap unit organisasi dan manajer di level yang lebih rendah memegang tanggung jawab untuk mencapainya. Dengan demikian diharapkan, iklim yang berorientasi hasil (result oriented culture) akan terbentuk di seluruh perusahaan.

 

Akhirnya tidak terlupa keberadaan strategi pun harus konsisten dengan lingkungan, mempunyai alternatif strategi, fokus keunggulan dan menyeluruh, mempertimbangkan kehadiran risiko, serta dilengkapi tanggung jawab sosial.

 

Targeting

Menurut Hermawan Kertajaya memfokuskan diri membahas mengenai targeting. Dalam menjalankan usaha, seseorang atau perusahaan sudah melakukan segmentasi dan kemudian menentukan segmen mana yang akan disasar oleh produk yang ia hasilkan. Segmen tersebut kemudian akan menjadi fokus dalam menentukan berbagai strategi yang akan diterapkan untuk memenangkan persaingan.

 

Hermawan menekankan pentingnya mempunyai target yang jelas. Hal ini karena strategi targeting yang tepat membuat Anda mampu mengalokasikan sumber daya secara efektif. Jika Anda bisa melakukannya dengan baik, sumber daya yang Anda miliki akan memberikan hasil yang menguntungkan bagi perusahaan Anda.

Setelah memiliki target yang jelas, efisiensi dalam pengelolaan sumber daya juga harus dilakukan. Hal ini yang harus  dilakukan dengan menekan pengeluaran atau melakukan strategi tersebut secepat mungkin. Namun, penekanan anggaran ini harus dilakukan tanpa mengakibatkan proses berjalannya strategi Anda menjadi tidak efektif.

 

http://www.jurnalnet.com/konten.php?nama=Popular&topik=10&id=44

http://www.suaramedia.com/ekonomi-bisnis/strategi-bisnis/18133-faktor-faktor-kunci-dalam-penyusunan-strategi-bisnis.html


kesimpulan : Strategi yang ditetapkan tidak boleh mengabaikan tujuan, kemampuan, sumber daya, dan lingkungan. Keberadaan strategi mempunyai jangka waktu relatif panjang. Hal tersebut, menyiratkan prediksi perubahan lingkungan penting memperoleh perhatian. misalnya mendefinisikan strategi sebagai arah dan cakupan jangka panjang organisasi untuk mendapatkan keunggulan

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: